Sebuah Catatan dari Karya Suci

Idola Kita

Ki Ngabehi Soero Diwiryo adalah pendiri SH yang banyak berperan dalam mengembangkan dunia persilatan di Indonesia bahkan manca Negara, karena dengan gaya kearifan dan kelihaiannya dalam bersilat mampu mendobrak pertahan kompeni atau penjajah pada masa-masa Indonesia belum merdeka, beliau juga di nobatkan sebagai pahlawan karena jasanya yang telah banyak mengajarkan pencak silat dan mewariskan ilmunya hingga sekarang bahkan tidak jarang beliau adalah tokoh yang terkenal dan tidak pernah mati kearifan perguruannya yang masih bekibar sampai sekarang hingga membawa aroma positif untuk mempertahankan hidup dari serangan musuh serta membantu yang lemah pada masa itu.

Banyak nama-nama perguruan besar lainnya yang terlahir dari ajaran dan asuhan beliau maka dari itu Negara kita adalah Negara yang mempunyai budaya kuat serta tradisi pencak silatnya yang tidak terkalahkan. Oleh karena itu banyak warga asing berguru dan belajar pada perguru-perguruan pencak silat bekas ajaran beliau. Walaupun terkadang sesame perguruan tidak mengenal siapa guru pertama dari semua gerakan-gerakan yang di ajarkan. Bukan karena guru yang mengajarkan tidak mengasih tahu tapi karena ada sebagian murid yang ingin mengembangkan perguruan baru tanpa menyebutkan asal-usul dari mana dia mendapatkan ilmu. Tapi tidak dengan nama besar guru Ki Ngabehi Soero Diwiryo, dia banyak cerita tentang gurunya kepada muridnya ataupun asal-usul ia mendapatkan jurus-jurus pencak silat tersebut.

Beliau bukan kacang yang lupa kulitnya oleh karena itu tradisi-tradisi pada bulan suro selalu ada ciri khas dalam perayaan untuk mengenang gurunya agar tidak menjadi murid yang lancing bahkan lupa kulitnya,

Beliau adalah keturunan Bupati Gresik, ayahnya bernama Ki Ngabei Soero Miharjo. Sebagai anak laki-laki dan berterunan seorang tokoh maka semangat beliau untuk mengabdi pada Negara dan rakyatnya sangat tertanam kuat dalam diri beliau, pada kenyataannya nama-nama beliau sampai sekarang tidak pernah mati di hati para pendekar-pendekar di Indonesia khususnya pendekar SH. Karena dengan setia pada hatinya manusia akan mengenal siapa dirinya.

Dari sejarah beliau yang terkenal merantau dari pulau jawa bahkan ke daerah batak tidak lain hanya untuk memperdalam keilmuannya dalam pencak silat serta mengenal inti dari kehidupannya, hingga suatu saat beliau mampu menciptakan kader-kader yang berbakat untuk menjadi patriot dan contoh bagi yang lainnya.

Nama kecil beliau adalah MAS DHAN lahir sabtu pahing tahun 1869, dan beliau wafat pada hari jum’at legi 10 November 1944 dalam usia 75 tahun.

Namun di hati para generasinya beliau tidak pernah wafat bahkan terasa selalu ada, gerakan-gerakan beliau merupakan gerakan yang nilai seninya tinggi dan mematikan tanpa mencari ada titik lengah sekalipun gerakan-gerakan yang beliau ajarkan layakanya serangan mematikan lawan yang menyerangnya.

Dan akhirnya mudah-mudahan beliau selalu diridhoi oleh Allah SWT, diberikan ketenangan dan ketentraman yang abadi, semoga kami selaku generasi mudanya mampu membawa dan memberikan kebanggaan dan kebenaran, bahwa pencak silat, agama, dan seni merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan, sebab dari semua gerakan dan ajarannya banyak terkandung nilai kerohanian dan kebathinan.

Untuk lebih mengenal siapa beliau pembaca harus masuk perguruan PSHT terlebih dahulu karena keilmuan dan biografi beliau menjadi salah satu kunci para perguruan-perguruan, yang tidak boleh di publikasikan ataupun di kupas di semua kalangan. Kecuali dia adalah anggota dari asuhan perguruan beliau. Oleh karena itu penulis mohon maaf apabila hanya sebagian cerita yang mendiskripsikan tentang beliau. Penulis juga sadar untuk membesarkan nama beliau adalah kewajiban layaknya murid yang tidak lupa sama kacangnya maka dari itu penulis hanya mampu memberikan sedikit gambarannya. AP (1)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: