Sebuah Catatan dari Karya Suci

Pertarungan yang tak pernah usai apabila hati kita tidak pernah tenang dalam menjalani hidup, kemungkinan ini bisa terjadi pada tiap insan yang mengalami depresi dan kebingungan tanpa solusi untuk itu kehadiran agama pada tiap makhluknya merupakan kebutuhan pokok yang tidak dapat terpisahkan secara emosional dan kerohanian. Namun memang benar diantara mereka yang tidak memiliki agama mampu untuk bisa menenangin dirinya dengan gaya dan solusinya masing-masing namun tidak bisa bertahan lama dan kenikmatannya tentu berbeda dengan mereka yang memiliki agama, untuk itu kenapa para ilmuan agama merasa dirinya selalu ada buat orang lain diantara alasannya karena penyebaran agama di butuhkan secara bertahap dan diperlukan pikiran yang tenang untuk menerima ajaran-ajarannya.

Boleh anda katakana agama anda yang paling benar tapi dengan cara tidak harus merusak hubungan sesama pemeluk agama lainnya, kecuali agama tersebut memang melenceng dan tidak bisa di terima dengan ajaran-ajrannya yang menyesatkan layaknya agama-agama baru yang sering terjadi di Negara Indonesia ini.

Perbedaan akan selalu ada dan perbedaan tersebut merupakan keindahan serta kelebihan yang harus di syukuri dan dinikmati keindahannya, maka dari itu terwujudlah malam dan siang, laki-laki dan wanita sebagai bukti dari perbedaan tersebut, hal ini merupakan kodrat yang tidak bisa terpisahkan. Manusia akan saling membutuhkan satu sama lainnya dan tidak bisa terpisahkan ataupun berdiri sendiri. Salah satu contoh saat kita bangun tidur kita akan menemukan semua hal yang tidak pernah kita hasilkan dengan tangan kita sendiri, baik itu kasur tsebagai tempat kita tidur ataupun makan yang kita makan, karena semua itu dibutuhkan proses yang panjang untuk meciptakan barang-barang dan makanan tersebut. Namun apabila perbedaan itu tidak ada apa jadinya dunia ini?

Tentu hal demikian diluar duga kita, karena sejak lahir kita sudah mengenal social itu sendiri tanpa harus di permasalahkan lagi, oleh karena dalam hal ini penulis mengaitkan dengan ketenangan bathin kita sebagai makhluk yang di beri sifat kesabaran dan kesombongan tentu tidak mudah untuk mengatur sifat-sifat tersebut di butuhka pendidikan dan kesadaran diri yang tinggi, tapi pendidikan yang paling berpengaruh disini adalah pendidikan agama tersebut, mengapa penulis katakana seperti itu, tidak lain dan tidak bukan hanya pendidikan agama yang mengajarkan arti kesabaran dan keikhlasan sebagai pengendalian diri, tapi tidak dengan pendidikan sekolah yang hanya sebatas pengetahuan dunia saja tanpa memikirkan dan mengenal keilmuan dirinya terebih dahulu, karena banyak anggapan hal demikian tidak perlu diajarkan sebab akan berkembang dengan sendirinya beriringan usianya. Tapi tentu tidak mudah merubah sifat yang sudah melekat dari kebiasaan seseorang!!

Adapun dibawah ini merupakan solusi dari agama islam yang bisa memberikan ketenangan pada diri kita:

Berpasrah diri pada yang Maha Kuasa

Melakukan pendekatan tanpa harus meminta timbal balik (ikhlas)

Shadakah/beramala pada yang membutuhkan

Dan jangan pernah ragu delagi kita mampu bisa tenang dan mengendalikan pikiran kita serta kita mempunyai iman yang kuat tentu ketenangan kita tidak akan mudah kacau.

perlu diingat kembali agama bukanlah komunitas untuk membunuh melainkan untuk merangkul lainnya.

Penulis disini sengaja tidak memasukkan solusi yang ribet-ribet ditakutkan akan memperburuk keadaan, tapi tenang saja secara logika jika anda mampu mengendalikan diri anda maka anda adalah raja bagi diri anda yang tidak di perbudak oleh ketidak tenangan tersebut.AP(3)

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: